Thursday, December 27, 2012

Bisnis Rumahan dengan Hasil yang Menggiurkan

Klik link dibawah ini untuk download file :
http://adf.ly/1WEN3T
JANGAN COPY-PASTE yaaaa, DOWNLOAD aja file Ms.WOrd'nya :)

 

Tulisan Bisnis 2

 

Nama Kelompok :
Indri Eka Yasami       "23212720"
Desi Hayati             “21212887"
Anggi Ambarsari       “20212902"
Nia Febriani            “25212297"
Herna Setia             “23212439”
Kelas : 1EB20 

Judul : Bisnis Rumahan dengan Hasil yang Menggiurkan
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang

  Dengan semakin meningkatnya krisis ekonomi, menyebabkan timbulnya banyak pengangguran. Kebutuhan hidup yang semakin meningkat dan harga-harga kebutuhan pokok yang semakin mahal. Ini menuntut masyarakat untuk keluar dari permasalahan ekonomi dan mencari jalan untuk mendapatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun di era globalisasi sekarang ini, semakin sulit untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan tingkat pendidikan seseorang karena semakin ketatnya tingkat persaingan untuk mendapatkan suatu pekerjaan.

                  

   Maka dari itu, dalam artikel ini saya akan membahas tentang suatu usaha untuk menghasilkan uang dari usaha rumahan atau yang awalnya hanya sekedar hobi namun bisa dijadikan bisnis untuk menunjang kebutuhan sehari-hari bahkan mencukupi kehidupan .

   Saya berharap tulisan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembaca. Semoga tulisan ini mampu memberikan bekal, motivasi, yang sangat berguna bagi pembaca.

  


BAB II
PEMBAHASAN

    Dizaman yang serba modern ini tentunya mencari pekerjaan tidaklah mudah, bergelar sarjana pun susah untuk mencari. Kita harus mencari peluang-peluang yang bisa memenuhi kebutuhan kita sehari-hari , terlebih-lebih bisa mensejahterakan hidup kita. Sekarang ada alternatif yang sangat bagus untuk dicoba selain dapat memberikan banyak keuntungan ,kita juga dapet membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain salah satunya adalah bisnis rumahan.

   Untuk memulai bisnis rumahan cukup dengan modal kecil kita bisa memanfaatkan internet dan menggunakan fasilitas social media seperti Facebook, Twiter, forum untuk memulai jualan secara online agar produk kita dikenal masyarakat luas, di era seperti ini media online lah media yang paling cepat untuk menunjang perkembangan bisnis yang kita jalani selain itu kita bisa menggunakan modal yang minim jika ingin memulai bisnis rumahan. Hal ini dikarenakan biaya untuk memulainya lebih murah daripada bisnis biasa. Umumnya untuk bisnis biasa yang dilakukan di kantor ataupun bisnis di toko memiliki biaya yang cukup banyak dan terhitung secara bulanan. Namun bagi bisnis rumahan hal ini tidak berlaku.

     Bisnis rumahan bisa berawal dari hobi ataupun pengalaman, bisnis yang berawal dari hobi memang sangat menguntungkan, selain dapat menyalurkan hobi kita juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika bisnis tersebut di tekuni.  Contoh bisnis yang berawal dari hobi yaitu kisah profil usaha “Sukses dengan Lidah Buaya”
    Awalnya Sunani 39 tahun di Pontianak memulai dari kesenangannya membuat kue , lulusan sekolah menengah atas itu selalu mencoba hal-hal baru seperti membuat kue dari lidah buaya, bahan yang biasanya dikenal hanya sebagai bahan dasar kosmetik atau sampo disulapnya menjadi bahan yang nikmat untuk di konsumsi seperti jeli dan dodol. Awal percobaannya ia hanya menggunakan bahan sangat sedikit yaitu 1kg ,saat mengolah lidah buaya agar bisa dijadikan makanan haruslah sabar, prosesnya agak lama dan rumit karena harus dicuci lima sampai enam kali supaya lendirnya hilang ,kemudian lidah buaya harus direbus. Dengan niat yang bulat Sunani pun bertekat meneruskan percobannnya ini, awalnya ia merasa ragu namun berkat dukungan dari sang suami ia pun yakin meneruskan hobinya ini untuk dijadikan bisnis yang serius.Tantangan ditahun pertama sangat lah berat karena harus memperkenalkan produk makanan dari bahan baku yang masih asing itu namun berkat kerja keras dan tekat yang kuat dengan mengikuti pameran, menitipkan produk dan memperkenalkan dari mulut ke mulut tidak sia-sia dalam tahun pertama ia sudah bisa mengolah sekitar 200kg setiap bulan. Pada tahun pertama ia dibantu lima orang pekerja dan bisa membukukan omzet Rp. 20 juta per bulan. Setelah tiga tahun usahanya berjalan agustinus berhasil menambahkan produknya seperti kerupuk, minuman lidah buaya kemasan kaleng, teh, coklat dan sabun. Dengan berhasil menemukan cara pembuatan teh dari lidah buaya , usahanya hampir tidak meninggalkan limbah atau sampah. Semua terpakai dari daging sampai kulit hanya bagian ujung dan duri , tapi ia manfaatkan juga untuk memupuk tanaman lidah buaya,
    Setelah menggeluti bidang ini selama 8 tahun usaha rumahannya berkembang menjadi bisnis besar, kini Sunani  menghabiskan 2 ton bahan baku setiap hari. Saat ini ia dibantu oleh 35 pekerja yang sebagian besar adalah perempuan, sebagian dari perempuan tersebut adalah anak-anak putus sekolah yang hanya lulus SD. Sunani selalu berusaha untuk tidak mengecewakan pelanggan, jika pelanggan minta tambahkan volume ia langsung menyanggupi walaupun harus lembur atau menambah karyawan baru. Bagi Sunani memelihara kepercayaan pelanggan sangatlah penting. Selain pasar lokal Pontianak produknya juga didistribusikan ke Jakarta, Yogyakarta, Balik Papan, Pangkalan Bun dan Banjarmasin. Meskipun hanya lulusan sekolah menengah atas, Sunanti bangga karena tak hanya memasok produknya untuk pasar lokal tapi juga Korea Selatan, Malaysia, Kunching , Negara bagian Sarawak dab Brunei. Saat ini Omezet dari penjualan tersebut mencapai Rp. 200 juta per bulan.
  
BAB III
PENUTUP
 
Kesimpulan  
Ada banyak kelebihan dari usaha rumahan ini selain modalnya yang kecil kita juga memiliki waktu yang fleksibel, semua kalangan bisa mencobanya apalagi di era ini mencari pekerjaan sangatlah sulit. Apa pun usahanya itu jika dengan niat dan kerja keras pasti berhasil. Kesuksesan itu terletak pada diri kita sendiri sebagai orang yang menjalankan usaha, mau usaha kita begitu-begitu saja atau mau berkembang sampai memasok produk ke mancanegara .

No comments:

Post a Comment