Saturday, May 18, 2013

Konsep & Jenis Sistem Operasi berbasis Windows, pengertian GUI & CLI serta konsep Multi-Tasking

Klik link dibawah ini untuk download file :
http://adf.ly/1WDcdc
JANGAN COPY-PASTE yaaaa, DOWNLOAD aja file Ms.WOrd'nya :)

Konsep Sistem Operasi Berbasiskan Windows

Tanpa Software, sebuah komputer secara mendasar tidaklah berguna. Dengan software, Komputer kita dapat menyimpan, memproses dan mengambil informasi. Software dalam komputer terbagi 2 yaitu Systems Programs dan Application Programs.
Applications programs dapat menyelesaikan masalah dari pemakai sedangkan Systems Programs adalah yang memanajemen Operasi dari komputer itu sendiri. Yang paling mendasar dari suatu system programs adalah Operating System (system operasi). Dimana system Operasi ini yang mengontrol semua sumber daya komputer dan memberikan fasilitas yang lebih banyak agar application programs dapat bekerja.

Atau system operasi dapat didefinisikan sebagai program dasar atau pendahuluan yang mengandung program-program untuk mengatur kerja komputer secara mendasar seperti unit masukan, unit keluaran, mengatur table pengkodean, mengatur memory, mengatur processor, membaca data yang diketik dan menyimpan file.

Bagian – bagian dari system operasi secara garis besar dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu : Control Program dan Service Program. Kedua bagian ini mempunyai fungsi sendiri – sendiri namun masih tetap terkait hubungan satu dengan lainnya, dengan hardware, pemakai dan dengan program aplikasi.

Control Program berfungsi untuk mengatur kerja input dan output, berkomunikasi dengan operator atau programmer, menghandle masalah, dan mencatat kegiatan yang ada. Sedangkan Service Program berfungsi untuk mengambil program yang ada serta menterjemahkannya dan merawat system library.

Sistem komputer terdiri dari:


Jika dilihat sebagai lapisan, maka Sistem operasi merupakan lapisan penghubung antara hardware dan software.





Jenis Sistem Operasi berbasiskan Windows

         Windows 1.0
Dirilis tanggal 20 November 1985, Diberi nama “Windows” oleh Rowland Hanson, marketing manager Microsoft Corporation, Hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan menambah antarmuka grafis.

         Windows 2.0
Dirilis 9 Desember 1987, Dapat menjalankan aplikasi secara multitasking. Menggunakan modus real, Mampu mengakses
memori sampai dengan 1 MB.

         Windows 2.1
Muncul 2 versi baru, Windows/286 2.1 dan Windows/386 2.1 , Masih menggunakan modus real tapi mendukung High Memory Area (HMA) Menggunakan kernel yang berjalan dalam modus terproteksi (Windows/386 2.1), Mampu menampilkan jendela windows secara cascade (bertumpuk).

         Windows 3.0
            Dirilis 22 Mei 1990, Diperkenalkan fitur Virtual Memory, Dapat Berjalan dalam 3 modus,Sudah menggunakan kartu Video Graphics
            Array (VGA), Versi Windows pertama yang menggunakan modus terproteksi.

         Windows NT 3.1
Dirilis 6 April 1992, Dukungan terhadap multimedia, Modus real dihilangkan, menggunakan modus terproteksi , Mulai menggunakan kernel hibrida Diperkenalkan sistem berkas NTFS, Muncul Windows 3.11 pada 8 November 1993, merupakan penyempurnaan Windows 3.1.

         Windows 95 (Windows NT 4.0)
Dirilis 24 Agustus 1995, Diperkenalkan teknologi Plug and Play (PnP) Menggunakan kernel 32-bit, Menggunakan Sistem Operasi DOS buatan Microsoft sendiri , Support perangkat keras berbasis bus (USB).

         Windows 98 (Windows NT 4.1)
Dirilis 25 Juni 1998, Mendukung sistem berkas FAT32 (mengijinkan partisi lebih dari 2 Gb), Built-in Internet Explorer, Diperkenalkan Internet Connection Sharing, yang merupakan sebuah bentuk dari Network Address Translation, yang mengizinkan beberapa mesin di dalam sebuah jaringan lokal agar dapat menggunakan satu buah jalur koneksi Internet bersama-sama.

         Windows Me (Windows NT 4.9)
Dirilis 14 September 2000, Diperkenalkan fitur System Restore, Diperkenalkan fitur Windows Movie Maker, Versi windows terakhir yang menggunakan kernel monolithic dan tidak memiliki Windows Product Activation (WPA).

         Windows 2000
Dirilis 17 Februari 2000, Active Directory, sebuah model jaringan pengganti model jaringan NT domain, yang menggunakan teknologi yang merupakan standar industri, seperti Domain Name System (DNS), Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dan Kerberos untuk menghubungkan antara sebuah mesin ke mesin lainnya,  Merupakan versi Windows berbasis kernel NT terakhir yang tidak mengharuskan penggunanya untuk melakukan aktivasi.

Klik link dibawah ini untuk download file :
http://adf.ly/1WDcdc
JANGAN COPY-PASTE yaaaa, DOWNLOAD aja file Ms.WOrd'nya :)

         Windows XP
Dirilis 25 Oktober 2001, Versi Windows paling sempurna dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, setidaknya sampai Windows Vista dirilis , Menggunakan kernel NT 5.1 yang terkenal dengan kestabilannya.

         Windows Server 2003
Dirilis 25 April 2003, Digunakan untuk komputer ber-basis server, dengan dihilangkannya beberapa fitur, dengan alasan kestabilan , Fitur keamanan yang baru, pemandu "Manage Your Server wizard" yang menyederhanakan peranan sebuah mesin yang menjalankannya, dan juga peningkatan kinerja, Menggunakan kernel NT 5.2.

         Windows Vista
Untuk bisnis dirilis 30 November 2006, Untuk rumahan dirilis 30 Januari 2007, Menggunakan kernel NT 6.0, Memperkenalkan sebuah modus pengguna yang terbatas, yang disebut sebagai User Account Control (UAC), untuk menggantikan filosofi "administrator-by-default" yang diberlakukan pada Windows XP , Fitur Windows Aero GUI, aplikasi yang baru (seperti halnya Windows Calendar, Windows DVD Maker dan beberapa game baru termasuk Chess Titans, Mahjong, dan Purble Place ), Menawarkan versi Microsoft Internet Explorer yang lebih aman, serta Windows Media Player versi baru (versi 11).

         Windows Home Server
Dirilis tanggal 7 Januari 2007, Didesain khusus untuk digunakan oleh para konsumen dari pengguna rumahan (server), Dapat dikonfigurasikan dan dipantau dengan menggunakan program console yang dapat diinstalasikan pada sebuah PC klien.

         Windows Server 2008
Dirilis 27 Februari 2008, Pada saat pengembangannya, Windows Server memiliki nama kode "Windows Server Codenamed Longhorn”,Dibangun menggunakan keunggulan dan keamanan Windows Vista untuk penyempurnaan dari Windows Server 2003.

         Windows 7
Generasi penerus Windows Vista, diperkirakan rilis tahun 2010, Dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna.

           •         Windows 8

           Windows 8 adalah nama kode untuk versi selanjutnya dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh
           Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan
           PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD.
            Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard. Sehingga
           Windows 8 di desain untuk perangkat Tablet sentuh.

           Microsoft secara resmi mengumumkan jadwal perilisan sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober 2012, bersamaan
           dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8.




Konsep Graphics User Interface (GUI)

GUI (Graphical User Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para pengguna-nya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi.

Jadi, GUI merupakan antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis. Menu grafis ini maksudnya terdapat tampilan yang lebih ditekankan untuk membuat sistem operasi yang user-friendly agar para pengguna lebih nyaman menggunakan komputer. Menu grafis itu ya seperti ada grafis-grafis atau gambar-gambar dan tampilan yang tujuannya untuk memudahkan para pengguna menggunakan sistem operasi.

Contoh sistem operasi yang menggunakan GUI adalah Linux dengan distro Mandriva menggunakan Desktop Environment KDE dan juga sistem operasi Windows 7 Ultimate yang menggunakan GUI-nya sendiri.

CLI (Command Line Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu baris perintah atau text atau ketikkan dari keyboard untuk berinteraksi dengan sistem operasi atau komputer tersebut.

Jadi, GUI merupakan antarmuka yang menggunakan input dari keyboard untuk bisa berinteraksi dengan komputer tersebut. CLI lebih ditujukan kepada sistem operasi yang digunakan sebagai komputer server. Karena menggunakan CLI dirasa lebih efisien dan cepat daripada menggunakan GUI. Untuk berinteraksi dengan komputer, harus dengan menggunakan basis perintah yang bisa dikenali oleh komputer. Jadi, untuk orang yang masih awam menggunakan mode CLI, masih dirasa cukup repot untuk menggunakannya.

Contoh sistem operasi yang menggunakan CLI adalah Ubuntu Server dan Windows Server 2008.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa GUI dan CLI merupakan tampilan antarmuka yang digunakan sesuai kebutuhan para penggunanya. Pada GUI menggunakan mode grafis, dan pada CLI menggunakan mode baris perintah atau text.




Konsep Multi-Tasking

Multitasking adalah pemrosesan beberapa tugas pada waktu yang bersamaan.

Sebagai contoh, jika seseorang sedang menyetir, bertelepon lewat ponsel, dan sambil merokok secara bersamaan, maka orang tersebut melakukan multitasking.

Multitasking merupakan mekanisme kerja komputer. CPU komputer dapat menangani beberapa proses dalam waktu yang sama secara akurat. Proses yang dikerjakan tergantung pada instruksi yang diberikan oleh software komputer. Oleh sebab itu, untuk memanfaatkan kemampuan CPU secara maksimal, software yang digunakan juga harus memiliki kemampuan multitasking. Saat ini, berbagai software sistem operasi sudah memiliki kemampuan multitasking.

    Itulah sebabnya, saat ini Anda bisa browsing di halaman web, chatting, sambil mendengarkan musik secara bersamaan.

Klik link dibawah ini untuk download file :
http://adf.ly/1WDcdc
JANGAN COPY-PASTE yaaaa, DOWNLOAD aja file Ms.WOrd'nya :)

1 comment: